Tips Mudah Merencanakan Anggaran Lebaran


Pinjaman online menjadi salah satu solusi mudah saat ini bagi masyarakat yang kekurangan dana untuk kebutuhan tertentu. Salah satunya adalah saat lebaran akan tiba dan jumlah tabungan tak bisa mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan di saat lebaran.
Meskipun mudah dan prosesnya cepat namun tak jarang masyarakat menempatkan rencana pinjaman online sebagai pilihan terakhir. Tentu saja kita semua ingin memenuhi kebutuhan lebaran tanpa harus mengajukan pinjaman. Kalau bisa, kita semua tentu ingin sebaik mungkin dapat merencanakan anggaran lebaran.

Tips Mengatur Rencana Anggaran Lebaran

Agar tak harus bergantung pada pinjaman online, berikut beberapa tips menyusun rencana anggaran untuk keperluan lebaran yang bisa Anda coba terapkan.

Buat List Kebutuhan Lebaran

Sebelum merencanakan anggaran lebih jauh, silakan Anda menyusun list kebutuhan lebaran. Catatlah semua rencana kebutuhan lebaran sesuai dengan urutan prioritas. Usahakan jangan sampai Anda yang terlewat agar Anda bisa menyusun rencana dengan spesifik.

Sebagai contoh, buat daftar kebutuhan mulai dari dana mudik, buah tangan, pakaian, dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan bahwa Anda harus hati-hati dalam mencatat daftar kebutuhan lebaran dan jangan sampai Anda menuliskan kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya tidak penting.

Alokasikan Dana sesuai Kebutuhan

Setelah menyusun list, Anda bisa membuat rencana dana untuk memenuhi setiap daftar kebutuhan yang sudah Anda buat. Contohnya, berapa anggaran yang disiapkan untuk mudik, anggaran untuk membeli pakaian, dan lain sebagainya.

Agar susunan rencana bisa tepat maka Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Misalnya dengan mencari informasi mengenai besarnya biaya untuk membeli tiket mudik.

Periksa Dana Tabungan

Setiap orang pasti memiliki dana tabungan. Jika tidak, maka segeralah mulai menabung dari sekarang. Kemudian bedakan tabungan untuk lebaran secara khusus atau terpisah. Dengan begitu, ketika mendekati saat lebaran, Anda sudah memiliki alokasi dana yang memadai.

Periksalah berapa jumlah tabungan yang bisa Anda pakai untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Kemudian berdasarkan besarnya tabungan yang Anda miliki, Anda bisa menyusun biaya kebutuhan dengan lebih rinci. Jika dana tabungan tak mencukupi Anda bisa mempertimbangkan pinjaman online.

Manfaatkan THR Sebaik Mungkin

THR atau tunjangan hari raya adalah salah satu sumber dana yang sangat membantu memenuhi kebutuhan di hari lebaran. Oleh karena itu, cobalah untuk memanfaatkan dana THR dengan sebaik mungkin.

Catat berapa besarnya THR yang akan Anda terima. Kemudian, alokasikan dana THR tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan lebaran yang sebelumnya sudah Anda catat. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda jangan sampai berlebihan memanfaatkan THR ini.

Batasi Pengeluaran dengan Bijak

Meskipun kebutuhan lebaran memang banyak namun Anda harus pAndai membatasi pengeluaran. Jangan menuruti semua tuntutan kebutuhan ketika lebaran tiba. Cobalah untuk mengendalikan diri dan membuat batasan meskipun ada solusi lain mengajukan pinjaman online.

Membatasi pengeluaran memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Biasanya, akan selalu ada kondisi dimana pengeluaran lebih besar daripada yang sudah direncanakan. Oleh karena itu, cegah hal ini dengan mengingat konsekuensi yang harus ditanggung pasca lebaran jika tak bisa membatasi diri.

Pinjaman online menjadi pilihan terakhir ketika Anda sudah tak bisa memenuhi kebutuhan lebaran yang memang bersifat pokok dan tak bisa dihindari. Namun tidak masalah, karena saat ini ada begitu banyak produk pinjaman secara online yang aman dan terpercaya. Prosesnya pun bisa mudah dan cepat bahkan tanpa agunan.



Tips Mudah Merencanakan Anggaran Lebaran Tips Mudah Merencanakan Anggaran Lebaran Reviewed by buyazen on 17.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.