Resep Sate Lilit Khas Bali


Resep Sate Lilit Khas Bali


Berbicara sedikit mengenai sate lilit, sate lilit khas Bali pada umumnya terbuat dengan bahan dasar daging babi. Biasanya sate lilit disajikan pada saat perayaan hari-hari besar atau pada saat kegiatan ngayah yang biasa disebut dengan kegiatan gotong-royong. Namun saat ini sate lilit sudah menjadi salah satu makanan kuliner khas Bali yang dibuat dengan daging babi atau daging ayam. Sate lilit juga dibuat menggunakan tusuk sate yang dibuat sendiri menggunakan potongan bambu. Sekarang kita akan mengolahnya tanpa menggunakan tusuk sate.
Sate lilit khas Bali ini juga jadi salah satu makanan favorit wisatawan. Rasanya nggak lengkap ke Bali tanpa mencicipi terlebih dahulu sate lilit yang bisa ditemukan di semua penjuru Pulau Dewata. Sate lilit ini juga bikin kangen karena rasanya yang unik dan beda dengan jenis sate lainnya. Buat kamu yang suka kange sama sate lilit, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah karena bahan dan cara pembuatnya cara mudah.
Kali ini kita akan membuat sate lilit khas Bali tanpa tusuk yang akan memudahkanmu saat memasak. Pilih daging sapi atau kambing untuk bahan dasar ya. Resep sate lilit khas bali tanpa tusuk ini rasanya juga enak kok.
Namun kali ini kita akan menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan dasar untuk dijadikan sate lilit khas bali tanpa tusuk. Pada umumnya bumbu sate lilit khas bali menggunakan semua bumbu dapur atau yang biasa disebut dengan bumbu lengkap.

Bahan-bahan

1/2kg Daging sapi atau kambing yang sudah digiling halus
1 Butir kelapa yang sudah diparut
3 Siung bawang merah & bawang putih
1 Buah kunyit berukuran 2cm
3 Lembar daun jeruk
1 Sendok teh lada
1 Butir kemiri
3 Buah cabai rawit (sesuai selere pedas nya)
2 Buah cabai merah
5 Batang sereh
1/2 Sendok teh terasi
1 Buah jahe berukuran 2cm
1 Buah kencur berukuran 2cm
1 Buah lengkoas berukuran 1cm
1 Sendok teh garam

Cara mengolah

1. Haluskan semua bumbu dengan cara di tumbuk atau di ulek, boleh juga dihaluskan menggunakan blender.
2. Tumbuk parutan kelapa bersama dengan daging yang sudah digiling secara bersamaan. Jika tidak bisa menggiling daging, kamu bisa mencincang dagingnya.
3. Campurkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan daging dan parutan kelapa yang sudah ditumbuk. Aduk rata sampai adonan menjadi kalis.
4. Bentuk adonan sesuai selera, bisa berbentuk bulat seperti bola atau lonjong memanjang.
5. Setelah itu panaskan api yang berisi minyak sayur lalu goreng sate.
Nah, sate lilit khas Bali tanpa tusuk ini bisa kalian sajikan bersama dengan nasi panas dan juga sambal matah khas bali. Untuk membuat sambal matah kamu hanya perlu menyiapkan bawang merah iris, bawang putih cincang, cabai rawit, serai, daun jeruk purut, jeruk nipis, dan minyak goreng, Campur semua bahan-bahan untuk membuat sambal matah ini, untuk rasa yang lebih enak kamu bisa menambahkan irisan terasi.
Voila sambal matah khas Bali sudah bisa kamu nikmati bersama dengan sate lilit tanpa tusuk yang sebelumnya sudah kamu masak. Kalian bisa menyajikan sate lilit ini dengan lontong yang dipadukan bersama sayur nangka atau sayur jukut unis khas Bali. Kalau tidak sempat menyiapkan sayurnya, kamu tetap bisa menyantap sate lilit dengan nasi panas.
Jangan lupa untuk menyajikannya bersama sambal matahnya ya! Resep sate lilit khas Bali ini nggak terlalu susah kan? Kamu bisa membuat sate ini kalau sudah bosan dengan menu harianmu. Yuk langsung saja beli bahan-bahan sesuai dengan resep sate lilit khas Bali ini dan langsung dimasak ya. Selamat mencoba!
Resep Sate Lilit Khas Bali Resep Sate Lilit Khas Bali Reviewed by buyazen on 10.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.