9 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh

Hal yang penting diketahui bahwasanya gaya hidup atau kebiasaan yang dilakukan, baik itu pada cara makan dan minum dan berbagai aktivitas lainnya yang dilakukan, mewnjadi faktor utama  yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Dimana dengan kebiasaan yang baik dan sehat seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak berisi bahan kimia berbahaya, seperti makanan berisi bahan kimia berbahaya adalah junk food, kemudian tubuh memperoleh asupan gizi yang cukup, sertan mendapatkan asupan serat, hingga melakukan kebiasaan yang sangat baik yaitu olahraga yang dapat membuat kesehatan pencernaan menjadi baik dan sehat. 

Adapun sistem pencernaan makanan ini merupakan sebuah proses guna memecah makanan, tujuannya agar nutrisi atau kandungan-kandungan yang ada di dalam makanan dapat diserap oleh tubuh dengan maksimal. Adapun jika terjadi masalah pada sistem pencernaan, yaitu pada organ usus maka menyebabkan bebagai masalah kesehatan seperti penyakit maag yang umum terjadi, asam lambung, tukak lambung dan yang sangat buruk yaitu kanker usus.

Tips menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh

Sehingga tingkat kesehatan pada organ pencernaan amat sangat dipengaruhi dari gaya hidup seseorang, termasuk yang paling utama adala bagaimana dirinya mengkonsumsi makanan sehari-hari, banyaknya makanan yang dikonsumsi serta jam makannya sehari-hari. Karena sistem pencernaan tubuh mempnyai tugas di dalam tubuh untuk mencerna makanan serta menyerap nutrisi, yang setelah itu di-distribusikan ke seluruh tubuh. 

Maka apabila kesehatan pencernaan terganggu, mengakibatkan munculnya berbagai gangguan kesehatan, berikut di bawah ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh:
Makan dengan teratur Hal ini dikarenakan apabila pencernaan anda dibiarkan kosong terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan. Maka dari itu, janganlah menunda-nunda jadwal makan anda.

  1. Biasakan untuk minum air putih yang cukup perharinya. Dikarenakan dengan tercukupinya kebutuhan cairan pada tubuh juga sangat penting untuk kita perhatikan dalam menjaga kesehatan pencernaan kita. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas perharinya dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita
  2. Penting untuk mengkonsumsi makanan berserat, dimana terdapat 2 jenis serat makanan, yaitu serat larut dan tak larut, dimana keduanya bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan bekerja, akan tetapi dengan cara yang berbeda. Dimana pada serat jenis larut, maka tidak dapat dicerna oleh tubuh, yang nantinya berfungsi untuk embantu mengumpulkan semua kotoran atau sisa bagian makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga fungsi serat larut juga untuk mencegah kotoran menjadi terlalu encer. Beberapa sumber serat larut yang disarankan untuk sering Kamu konsumsi seperti oat, sayuran, dan biji-bijian. Umumnya makanan berserat tinggi yaitu aneka buah-buahan segar dan sayur-sayuran, utamanya sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi juga bermanfaat agar proses buang air besar menjadi lancar, sehingga kita dapat terhindari dari yang namanya masalah sembelit.
  3. Rajin berolahraga, yang ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan secaa umum kesehatan organ tubuh-tubuh lainnya, yang dengan melakukan olahraga secara rutin membantu proses pencernaan tubuh menjadi lancar. Kemudian berolahraga membuat tubuh secara umum menjadi sehat, yang ini berguna agar organ pencernaan menjadi dapat bekerja optimal.
  4. Perbaiki gaya hidup, dimana gaya hidup yang tidak sehat mengjadi faktor terdepan yang mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh, termasuk pada organ pencernaan, beberapa kebiasaan yang kurang baik dilakukan yaitu sering jajan sembarangan tetapi jarang masak di rumah, terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas yang tentunya tidak baik, kebiasaan buruk merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol serta pola makan yang berantakan, hal itu semua perlu Kamu perbaiki, sehingga menhindari Kamu dari terkena berbagai penyakit.
  5. Kurangi konsumsi makanan berlemak, karena berakibat pada terganggunya proses pencernaan makanan yang sedang berlangsung. Boleh-boleh saja mengkonsumsi makanan berlemak tetapi perlu dibatasi, sehingga Kamu dapat mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya kandungan serat alami. Umumnya makanan berlemak memperlambat proses pencernaan, yabg membuat tubuh menjadi rentan sembelit.
  6. Jangan terlalu banyak pikiran, dimana daam hidup kita perlu menghindari dari yang namanya stress, memang untuk terhindar dari stress 100% bukanlah yang mudah dilakukan, tetapi setidaknya kita perlu mennghindari hal-hal yang dapat memicu stres, karena kalau tidak maka berakibat pada terganggunya sistem pencernaan.
  7. Probiotik merupakan bakteri sehat alami yang bermanfaat untuk organ saluran pencernaan tubuh, yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan juga dapat berperan sebagai antibiotik, manfaat lainnya untuk meningkatkan penyerapan nutrisi, membantu proses memecah laktosa, serta meningkitkan sistem imun. Salah satu sumber probiotik yang baik yaitu seperti yoghurt rendah lemak.
  8. Makan yang teratur, dimana ini cukup penting agar kita menghindari makan yang berlebih dalam satu waktu, atau sebaliknya malah telat makan yang membuat timbulnya sakit maag hingga sakit kepala, yang jelas akan memberikan dampak yang buruk pada kesehatan pencernaan. Usahakan jam-jam makan dalam setiap hari sama, sehingga makan dapat dengan lebih teratur.
  9. Cukupi asupan cairan, dimana yang sangat disarankan adalah minum air putih, hindari minuman bersoda. Minum banyak air maka memberikan dampak yang baik untuk kesehatan pencernaan, dimana manfaatnya adalah guna proses melarutkan lemak dan serat dapat dengan lancar, hal ini amat baik untuk kesehatan pencernaan.
9 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh 9 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Tubuh Reviewed by buyazen on 21.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.