23 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Pengobatan, Rambut, Kulit, dll

Buah alpukat sangat lezat, dan memberikan manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk bisa memperoleh buah alpukat ini bukanlah hal sulit.

Alpukat dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, selain itu pasar swalayan juga menjualnya, bahkan orang di pinggir jalan juga ada yang menjualnya.

Buah Alpukat
Buah Alpukat | Sumber gambar: Pixabay.com 

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan mata
Buah alpukat mengandung lutein yang cukup banyak, dimana lutein ini adalah bagian dari senyawa karotenoid, yang memberika manfaat pada kesehatan mata.

Dengan rajin mengkonsumsi buah aplukat, maka para ahli menjelaskan bahwa manfaatnya membuat mata terhindar dari resiko penyakit degenerasi makula.

Penyakit degenerasi makula ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami katarak, rabun, hingga yang sangat buruk yaitu kebutaan permanen.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Pada buah alpkat terdapat kandungan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, pengaruh buruk radikal bebas ini menyebaban penuaan dini dan kerusakan kulit, dan yang terburuk adalah kanker. Sehingga mengonsumsi buah alpukat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Dari laman Medicalnewstoday.com, bahwa asupan folat yang Anda konsumsi dari makanan bermanfaat untuk kesehatan bagi tubuh, terutama untuk mencegah kanker usus besar, lambung, pankreas dan serviks.

Para peneliti kesehatan menilai bahwa kandungan folat melindungi tubuh dari resiko mutasi sel yang tidak diinginkan pada DNA dan RNA. Alpukat memiliki kandungan folat yang cukup tinggi.

loading...

3. Menurunkan kadar kolesterol tinggi
Pada ahli melakukan penelitian pada 45 orang yang menderita kolesterol jahat tinggi (LDL), dimana setelah itu diterapkan pola makan agar mereka mengkonsumsi buah alpukat secara rutin selama seminggu, maka hal ini memberikan manfaat berupa kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh mereka yang turun sebesar 17 %.

4. Mempercepat penyerapan nutrisi
Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa buah alpukat sangat berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi yang ada di dalam tubuh. Dimana penelitan dilakukan dengan meneliti 2 orang yang mengonsumsi salad, dimana pada salah satu salad diberikan potongan buah alpukat.

Maka setelah mengonsumsinya 2 jam dilakukan pengecekan, ternyata orang yang memakan salad dengan di dalamnya terdapat potongan buah alpukat mengalami penyerapan nutrisi yang sekitar 5 kali lebih besar dari pada yang tidak memakan potongan buah alpukat.

5. Sebagai antioksidan
Dimana tubuh sangat memerlukan zat antioksidan, salah satu fungsi dari antioksidan yaitu untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam lapisan kulit, dimana ini memberikan manfaat pada kesehatan kulit.

Selain itu terdapat segudang fungsi zat antioksidan seperti yang telah dipaparkan diatas yaitu mencegah resiko kanker, menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini.

6. Mengandung potassium
Potassium adalah senyawa yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja fisiologis tubuh, seperti untuk mengoptimalkan kinerja organ jantung dan otak.

Buah alpukat didalamnya ada kandungan potassium tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), mengurangi rasa sakit di tubuh, mengatasi masalah nyeri otot yang mendera karena pekerjaan yang berat, dan memelihara keseimbangan cairan tubuh, elektrolit serta asam basa di dalam tubuh.

7. Menjaga berat badan agar selalu ideal
Pada buah alpukat hanya mengandung lemak jahat yang sedikit sehingga tidaklah menyebabkan kegemukan yang sangat. Dengan syarat, konsumsi alpukat jangan secara berlebihan.

Disamping itu, kandungan serat di dalam buah alpukat cukup tinggi. Fungsi kandungan serat ini membuat Anda akan mengalami rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan secara berlebihan.

Sehingga dengan kandungan seratnya tersebut, maka buah alpukat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga berat badan agar ideal. Selain itu, orang yang kurus juga bisa memperoleh berat badan ideal dengan mengonsumsi buah alpukat.

Buah alpukat tidaklah bisa menyebabkan obesitas karena kandungan lemak jahatnya sangat rendah, hanya saja konsumsi alpukat dalam jumlah sangat banyak berarti mengonsumsi asupan lemak yang banyak juga walaupun itu lemak sehat, tetap tidak bileh dikonsumsi berlebihan.

loading...

8. Alpukat Mengandung Lemak Baik
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, bahwa tidak sedikit orang yang salah sangka karena mendengar alpukat perlu dihindari karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Memang benar bahwa alpukat tinggi lemak, tetapi lemak tinggi yang ada di dalam buah alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal, yang sering disebut dengan ‘ lemak baik ‘

Kandungan lemak tak jenuh tunggal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Disamping itu, alpukat tidak memberikan dampak kenaikan berat badan yang signifikan.

9. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat pada buah alpukat bermanfaat untuk memperlancar poses penyerapan nutrisi di dalam organ pencernaan. Hal ini sangat penting agar tubuh dapat terhindari dari yang namanya masalah sembelit atau susah buang air besar (BAB).

10. Menjaga Kesehatan Kardiovaskuler
Dimana buah alpukat menjadi sumber asam oleat tak jenuh tunggal, dimana berdasarkan penjelasan ahli kesehatan bahwa kandungan tersebut berguna untuk mengurangi kadar LDL (kolestrol jahat) serta meningkatkan jumlah HDL (Kolestrol Baik) di dalam darah.

Penelitian menunjukan bahwa konsumsi asam lemak omega-6 berguna untuk menghindari penyakit kardiovaskular. Ahli kesehatan merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan lemak tak jenuh ganda.

Alpukat kaya akan kandungan asam oleat tak jenuh tunggal, yang beberapa penelitian telah menunjukan bahwa manfaatnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Kandungan folat yang tinggi di dalam alpukat sangat penting dalam menangkal resiko penyakit berbahaya yang berkaitan dengan kardiovaskular, seperti penyakit stroke. Makanan yang kaya akan kandungan folat telah terbukti mampu mencegah penyakit stroke.

11. Mencegah Risiko Kanker
Kekurangan asupan asam folat beresiko lebih tinggi terkena penyakit kanker. Terutama untuk wanita, beresiko tinggi terkea peyakit kanker payudara.

Hal inilah yang menjadikan ahli kesehatan meyakini bahwa asam folat juga bermanfaat untuk mencegah kanker lambung, kanker serviks, kanker usus besar dan pankreas.

Fungsi asam folat yang mampu menangkal penyakit kanker, diyakini karena fungsinya yang mampu mencegah terjadinya mutasi sel di dalam susunan DNA dan RNA.

Senyawa lainnya yang terkandung pada alpukat yaitu karotenoid. Dimana itu merupakan jenis antioksidan yang juga bermanfaat sebagai anti-kanker. Senyawa karotenoid sangat mudah diserap tubuh karena bantuan kandungan lainnya di dalam alpukat yaitu lemak sehat yang larut.

Sehingga hal tersebut sangat penting untuk memudahkan karotenoid untuk diserap ke dalam aliran darah. Beberapa jenis kanker yang bisa dihambat perkembangannya oleh senyawa karotenoid yaitu kanker mulut, kanker prostat, kanker lambung, dan kanker payudara.

12. Mencegah Stres
Kandungan folat juga bermanfaat untuk menurunkan gejala depresi dan rasa stres. Kandungan folat bekerja untuk mencegah terjadinya kelebihan homosistein di dalam tubuh.

Fungsi folat ini juga menghindari terjadinya penghambatan pasokan darah dan nutrisi yang menuju otak.

Saat kondisi kadar homosistein di dalam tubuh yang terlalu banyak, menyebabakan terhambatnya produksi hormon penting seperti serotonin, dopamin, dan norepineprin.

Tahukah anda bahwa hormon-hormon tersebut memiliki fungsi yang sangat utama, yaitu untuk menjaga mood (suasana hati) agar tetap baik, meningkatkan kualitas tidur, membuat tidur nyenyak, mencegah stres, dan menjaga nafsu makan.

13. Menjaga Kesehatan Mata
Alpukat memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang bermanfaat untuk kesehatan organ mata. Kedua zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya gangguan pada organ mata.

Manfaat utamanya yaitu mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia (degenerasi makula). Selain juga bermafaat untuk menajamkan penghihatan mata.

14. Kulit Lebih Halus dan Tampak Lebih Muda
Alpukat yang kaya akan kandungan antioksidan seperti gluthatione, beta carotene, zeaxanthin, lutein dan lainnya. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut mempunyai fungsi luar biasa seperti mencegah terjadinya penuaan dini, mencegah kerutan pada kulit dan lainnya.

Manfaat lainnya dari kandungan buah alpukat yaitu mencegah kulit kekeringan, menjaga tingkat kelembapan kulit, dan membuat kulit bisa lebih halus.

Adapun manfaat kandungan omega-9 di dalam alpukat berfungsi untuk menjaga baiknya proses regenerasi pada sel-sel kulit yang rusak, serta mencegah kulit mengalami peradangan atau iriasi.

15. Mencegah Osteoporosis
Buah alpukat memiliki kandungan Vitamin K yang lumayan banyak, manfaatnya jenis vitamin ini adlaah menjaga kesehatan tulang.

Dimana vitamin K bekerja untuk mengoptimalkan proses penyerapan kalsium di dalam tubuh, serta mencegah tubuh kekurangan kalsium dengan cara mencegah terjadinya pengeluaran kalsium yang terlalu banyak melalui urine.

16. Baik Untuk Kesehatan Jantung
Mengonsumsi buah alpukat sangat baik, apalagi jika Anda juga menerapkan pola makan sehat, berupa rajin makan sayuran, buah, serta menghindari (membatasi) asupan makanan yang mengandung gula dan kolesterol.

Konsumsi alpukat sangat bermanfaat untuk sistem metabolisme tubuh yang lancar, hal ini berguna untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Alpukat mengandung beta-sitosterol yang berfungsi untuk mencegah tingginya kadar kolesterol.

Dari laman Authoritynutrition.com, menyebutkan bahwa alpukat adalah makanan tinggi lemak. Bahkan, 77% dari kalori yang ada di dalam alpukat berasal dari lemak, hal ini menjadikan alpukat sebagai makanan kaya lemak nabati.

Namun, mayoritas jenis kandungan lemak yang ada di dalam alpukat adalah asam oleat. Jenis lemak ini merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang juga menjadi kandungan utama dari minyak zaitun. Jenis lemak ini dipercaya memberikan manfaat yang sangat menguntungkan.

Manfaat asam oleat ini telah dihubungkan dengan pencegahan masalah peradangan. Lemak dalam alpukat juga memiliki ketahanan yang baik terhadap oksidasi akibat panas, sehingga minyak alpukat tetap dapat menyehatkan dan aman jika digunakan untuk memasak.

Alpukat maupun minyak alpukat yang tinggi akan kandungan asam oleat tak jenuh tunggal, memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

17. Detoksifikasi Alami
Dari laman Medicalnewstoday.com, Kandungan serat yang ada di dalam alpukat berfungsi untuk membantu proses gerakan usus yang teratur (lancar), hal ini penting agar proses pembuangan zat racun dari dalam tubuh bisa maksimal. Alpukat kaya akan kandungan serat.

18. Baik Bagi Kesehatan Janin
Alpukat memiliki kandungan folat, yang kandungan ini sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Hal itu karena folat bermanfaat penting untuk melindungi ibu hamil dari resiko keguguran, serta mencegah resiko janin lahir dalam kondisi cacat. Sehingga usahakan agar asupan folat selalu dipenuhi, termasuk sebelum masa kehamilan. 

19. Sebagai Perawatan Kulit dan Rambut
Dari laman Organicfacts.net, Alpukat kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, yang mampu mengatasi masalah kulit kering, kulit pecah-pecah ataupun kulit rusak. Sehingga, jangan heran jika buah alpukat sering dijadikan bahan untuk banyak jenis kosmetik.

Hal itu karena kandungan di dalam alpukat mampu menjaga kulit dengan kandungan vitaminnya, serta menjadikan kulit bersinar. Manfaat lainnya dari alpukat yaitu sangat baik untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak.

Dimana banyak orang yang memanfaatkan alpukat sebagai masker kulit maupun rambut. Di dalam alpukat terdapat senyawa beta-karoten dan likopen yang manfaatnya mampu meningkatkan kesehatan kulit dan juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

20. Sebagai Perawatan Mulut dan Gigi
Dari laman Organicfacts.net. Tahukah Anda bahwa mengonsumsi alpukat bisa mencegah bau mulut, terutama yang disebabkan gangguan pencernaan atau sakit perut.

Di dalam alpukat terdapat senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan, yang kegunaannya untuk membunuh bakteri jahat yang ada di mulut. Dimana bakteri pada mulut menyebabkan timbulnya bau mulut yang tidak sedap

21. Menjaga Kesehatan Organ Hati
Dari laman Organicfacts.net, Kandungan di dalam alpukat berkhasiat untuk membantu mencegah terjadinya kerusakan hati. Hal itu karena adanya senyawa organik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ hati.

Seringkali kerusakan hati disebabkan masalah Hepatitis C. Pada penelitian terbaru yang telah dilakukan, menemukan bahwa buah alpukat terbukti bermanfaat untuk melindungi organ hati.

22. Mengatasi Morning Sickness
Wanita hamil seringkali mengalami masalah morning sickness. Konsumsi alpukat membantu untuk mengatasi masalah mual dan muntah-muntah selama masa kehamilan. Hal itu karena di dalam alpukat terkandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengurangi frekuensi rasa mual dan muntah.

23. Arthritis
Alpukat memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat penting. Dimana alpukat menjadi salah satu makanan terbaik untuk mengurangi masalah peradangan pada sendi, jaringan dan otot tubuh. Konsumsi alpukat mampu mengurangi gejala rasa sakit akibat arthritis.

Hal yang Perlu Diketahui
Hindari makan alpukat yang dicampur dengan susu dan gula. Memang, jus alpukat campur susu ataupun es campur alpukat memiliki kelezatan tersendiri saat mengonsumsinya, tetapi Anda perlu membatasi kebiasaan ini.

Dimana penyajian alpukat dengan mencampurnya bersama gula dan susu kental manis, ternyata tidak pernah direkomendasikan oleh ahli kesehatan atau ahli gizi.

Hal itu karena alpukat yang pada awalnya kaya akan kandungan vitamin dan lemak sehat nabati, bisa menjadi hilang manfaat kandungannya akibat dicampurkan dengan gula dan susu.

Sebenarnya tidak hanya buah alpukat saja yang hendaknya dikonsumsi tanpa gula dan susu, tetapi juga semua jenis buah. Hal itu karena kandungan gula dan susu kental manis justru bisa merusak manfaat kandungan sehat yang ada di dalam buah.

Jika memang Anda sangat ingin menambah sedikit rasa manis pada buah alpukat, maka hendaknya yang digunakan adalah gula alami, Anda juga bisa menambahkan madu yang lebih aman dikonsumsi.

Anda juga harus menghindari konsumsi buah alpukat setiap hari, karena penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah alpukat pada setiap harinya dapat menyebabkan kegemukan.
    23 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Pengobatan, Rambut, Kulit, dll 23 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Pengobatan, Rambut, Kulit, dll Reviewed by buyazen on 18.13 Rating: 5

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.